Rabu, 12 Oktober 2016

Mengembangkan masyarakat daerah kunci pertumbuhan ekonomi


           
   Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tentunya memerlukan waktu yang cukup lama, karena suatu negara dapat dikatakan sukses dalam pertumbuhan ekonominya apabila sudah ada pemerataan di setiap wilayah negara tersebut. Selain itu, Perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan apabila jumlah balas jasa riil terhadap penggunaan faktor-faktor produksi pada tahun tertentu lebih besar daripada tahun sebelumnya. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
          
     Dalam proses pertumbuhan ekonomi jangka panjang perlu adanya pembanguan yang merata di semua wilayah supaya setiap daerah memiliki andil dalam pengambilan peran untuk membangun perekonomian Indonesia. Namun yang terjadi sekarang dan beberapa periode kebelakang pembangunan yang pesat hanya dilakukan di kota-kota besar. Pembangunan yang hanya dikota besar memang bisa meningkatkan perekonomian karna sebagian besar transaksi ekonomi terjadi di kota-kota besar. Tapi dalam pertumbuhan ekonomi jangka panjang ini tidak berlaku, karna dalam jangka panjang perkembangan disetiap wilayah itu perlu, supaya seluruh masyarakat bisa merasakan kondisi ekonomi yang lebih baik. Sadar akan hal itu pemerintah mulai membangun perekonomian di setiap wilayah dengan membuat UUD 1945 pasal 18, 18A dan 18B, UU no. 32 tahun 2004 tentang pemerintahuan daerah, UU no. 33 tahun 2004. Tap MPR no. XV/MPR/1998, dan Tap MPR No. IV/MPR/2000. 

    Pernyataan bahwa dearah berhak membangun daerahnya sendiri sedang digenjar-genjarkan oleh pemirintah dengan diadakannya pengadaan dana desa dengan jumlah yang fantastis. Dari situ timbul pernyataan, apakah itu program itu sudah matang? Apakah setiap desa sudah mempunyai rencana terhadap penggunaan dana desa? merupakan program yang tepat? Apakah itu program yang tepat untuk pembanguan daerah? Program dana desa ini sudah direncanakan dengan matang pastinya karna dibuat oleh orang-orang pintar dari pemerintah. Tapi apakah setiap daerah sudah siap menjalannya? BELUM. Kenapa belum? Terbukti hampir rata daerah bingung dana tersebut mau diapakan, kita ambil di contoh di daerah sini belum ada perdajuknis (peraturan daerah petunjuk teknis) dan adanya penyalah  gunanaan dana desa yang dilakukan oleh aparat desa. 
          
   Lemahnya pengawasan menjadi salah satu faktor terjadinya penyelewengan-penyalewangan walaupun sudah ditunjuk pengawas-pengawas dana desa oleh pemerintah. Walaupun tidak setiap desa melakukan penyelewengan, malah kalau penggunaan dana desa desa dilakukan secara benar dan tepat sasaran akan berdampak sangat besar bagi daerahnya. Tapi apakah itu yang diperlukan?

  Pembagunan insfratruktrur pemerintahan daerah memang diperlukan demi terjandinya pembangunan disetiap daerah. Tapi hal yang paling penting dalam mengembangkan masyarakat yaitu dari segi pendidikan. Seperti yang kita rasakan pendidikan di pusat kota-kota besar lebih bagus ketimbang di daerah-daerah yang masih berkembang. Dari ketimpangan pendidikan ini menyebabkan putra-putri daerah pergi ke kota-kota besar (pulau jawa) Untuk menuntut ilmu dan bekerja disina kondisi seperti ini membuat orang-orang pintar di daerah banyak yang pergi ke kota-kota besar dan tidak kembali lagi ke daearahnya untuk membangun daerahnya sendiri. kondisi seperti inilah yang harus diselesaikan. Penyediaan fasilitas pendidikan yang bagus disetiap daerah menjadi kunci pemngembangan masyarakat dearah.

    Pendidikan merupakan jawaban kenapa kota-kota besar pulau jawa misalkan bisa maju begitu pesat padahal disana memilika sumber daya alam yang lebih sedikit dibandingkan dengan di daerah. Pengolahan dan menejemen yang baik terhadap sumber daya penyebab kenapa disana lebih maju. Pengolahan dan menejemen yang baik hanya akan timbul jika dikelola oleh orang-orang ahli yang berpendidikan.

     Jadi dapat disimpulkan selain pembanguan fasilitas di daerah kunci utama dari pengembangan masyarakat daearah adalah dari pendidikannya. Karna dari pendidikan yang baik akan menghasilkan orang yang berpindidikan, kreatif dan yang pastinya berkualitas. Dari orrang yang berkualitas itu diharapkan bisa memberi impac terhadap daerahnya tempat ia menetap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar